Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR

Wednesday, May 15th 2013. | Tips Trik

Advertisement

Kamera dslr saat ini makin trend dikalangan masyarakat, beragam produsen saat ini meluncurkan kamera dslr teranyar, tak hanya dilengkapi dengan beragam fitur, kamera dslr membuahkan kualitas gambar sesuai dengan yang kita kehendaki bila kita tahu langkah memakainya.

Memakai kamera dslr tidaklah gampang saat membuat hasil gambar yang berkwalitas, ada trik-trik serta panduan yang perlu kita ikuti untuk membuahkan kualitas potret yang tambah baik, terkecuali anda sudah mempunyai pengalaman pada mulanya perihal kamera tersebut. Serta saat ini kita dapat mengulas sekilas tehnik basic memakai kamera dslr. Dikarenakan untuk tingkat tehnik basic tergolong gampang untuk dipelajari terutama untuk kita yang baru pertama memakai kamera dslr.

Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR

Pertama sekali yang perlu di perhatikan yaitu yakinkan kamera telah dalam situasi siap untuk dipakai, teliti baterai, teliti memory, dan lain-lain. Sesudah anda rasa kamera siap dipakai, setelah itu kita cobalah mensetting kamera terlebih dulu, setting kamera ke mode av ( aperture value ) yakni cuma merubah besarnya bukaan diagfragma hingga shutter speed telah otomatis di set oleh kamera tersebut.

Lantas, bukaan terbaik / ketajaman terbaik ada dibukaan f/8. 0 bila dof ( depth of field ) lebih panjang dapat memakai bukaan f/14 ( tidak dianjurkan bila memakai f/16 keatas, memanglah seluruh tampak focus namun ketajaman telah menyusut hingga hasil kurang optimal ). Setelah itu kita yakinkan memakai iso 100 ( makin rendah makin baik ) bila sinar kurang serta shutter speednya kurang ( shutter speed tambah baik di atas 1/60 supaya tidak shake ) dapat dinaikan iso nya. Lantas yang paling akhir tambah baik pakai lensa wide layaknya 18-55mm serta 17-85mm.

Sesudah lakukan settingan, yakinkan area di mana yang baik untuk memotret, serta dalam penentuan area pemotretan mesti di yakinkan baik-baik juga dikarenakan dapat punya pengaruh pada hasil photo yang dapat di ambil. Untuk arah sinar matahari, tambah baik memotret janganlah mengarah berlawanan, dapat tambah baik membelakangi matahari ( dikarenakan kita memerlukan sinar matahari untuk pencahayaan ).

Memotret tambah baik saat pagi serta sore hari, dikarenakan bila siang hari, sinar matahari terlampau tajam ( umumnya langit putih serta tidak menarik ). Tentukan background yang baik serta indah ( tentukan sesuka hati ). Serta carilah angle terbaik, dapat dikatakan ada low angle, mid angle, high angle. Ketiga angle tersebut berikan perbedaan pada hasil gambar yang amat bermakna.

Apabila pingin memotret wajah, cermati latar belakang, jauhi latar belakang yang berwarna – warni atau gambar yang semrawut, yang mengakibatkan kurang jelas ( mungkin saja justru latar belakang sebagai menonjol ). Lantas, berusahalah untuk menghidarinya. Bila anda telah coba dengan tehnik basic, serta coba bereksperimen dengan tehnik basic yang lain.

Memakai kamera dslr dengan tehnik panning, yang disebut dengn menggerakan kamera kearah gerakan objek ( panning ) bertepatan dengan melepas tombol. Hasil gambarnya latar belakang kabur, walau demikian gambar subjek amat jelas. Seberapa jelas atau kaburnya subjek bergantung pada kecepatan atau lambatnya gerakan panning. Bila gerakannya berbarengan – sama juga dengan gerakan subjek, maka gambar yang dihasilkan jelas. Sebaliknya bila kamera lebih cepat atau lebih lambat dari gerakan subjek, maka hasil dapat blur ( kabur ).

Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR2 Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR

Memakai kamera sdlr dengan tehnik slowspeed yaitu bila benda yang bergerak cepat dipotret dengan speed shutter rendah, maka akhirnya gambar dapat terlihat kabur, seakan – dapat disapu, tetapi latar belakang jelas. Dampak ini kadang-kadang bagus serta menyebabkan sense of motion dari benda yang dipotret.

Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR3 Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR

Memakai kamera dslr gunakan tehnik freeze yakni speed cepat kita pakai untuk memotret benda yang bergerak. Makin cepat pergeraan benda tersebut, maka makin besar angka speed shutter yang perlu kita pakai. Dengan sebagian tehnik basic memakai kamera dslr ini, semoga bisa menolong anda dalam bereksperimen untuk membuahkan kualitas gambar sesuai dengan yang di idamkan, semoga berguna dan selamat coba dengan Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR.

Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR4 Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR

 

Advertisement


Kata Kunci Terkait:

cara memotret dengan kamera dslr, teknik dasar memotret dengan kamera dslr, cara memfoto yang baik pakai slr, cara membuka kuci memori d camera slr nikon D3100, teknik foto malam hari pada nikon d3100, memotret gambar dengan dslr, memotret, cara setting kamera nikon D3100 untuk foto pagi hari, cara pakai nikon d3100, cara pakai kamera nikon d3100

Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR

Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR Tehnik dasar memotret dengan kamera DSLR3656
  Google